Hai, Sobat...!!!

[Process Device] Perangkat Keras Pemrosesan Pada Komputer (Pengertian, Macam Jenis dan Fungsinya)

Process device adalah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai pemroses dan pengolah data yang dimasukkan melalui input device kemudian di keluarkan melalui output device dalam bentuk informasi sehingga akan diterima oleh brainware.

Perangkat keras komputer yang memegang tugas sebagai alat proses disebut dengan nama Central Processing Unit (CPU). Setiap data yang masuk dari input device (unit masukan) serta data-data yang tersimpan di dalam media penyimpanan, semuanya diolah oleh CPU. Seluruh proses seperti perhitungan, pengolahan data, pengolahan gambar, bahkan pengolahan suara ditangani oleh perangkat keras komputer yang satu ini.

Perangkat keras inilah yang juga mengatur kerja dari perangkat keras-perangkat keras lainnya seperti printer, mouse, speaker, monitor, keyboard, dan sebagainya. Pada komputer mikro, unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC. Intinya, CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.

Pada CPU, terdapat 4 komponen utama yang saling bekerja sama sehingga dapat membentuk suatu init pemroses dan pengolahan, yaitu sebagai berikut:

1. Arithmetic and Logic Unit (ALU)
Arithmetic and Logic Unit atau sering disingkat ALU saja dalam bahasa Indonesia berarti Unit Aritmatika dan Logika. ALU memiliki tugas utama untuk membentuk berbagai fungsi pengolahan data komputer. Sering juga disebut sebagai bahasa mesin, karena terdiri dari berbagai instruksi yang menggunakan bahasa mesin.

ALU sendiri juga masih terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu
  • arithmetic unit (unit aritmatika), bertugas untuk menangani pengolahan data yang berhubungan dengan perhitungan, dan
  • boolean logic unit (unit logika boolean), bertugas menangani berbagai operasi logika.

2. Control Unit
Control Unit atau Unit Kendali, mempunyai tugas utama untuk mengendalikan operasi dalam CPU dan juga mengontrol komputer secara keseluruhan untuk menciptakan sebuah sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan fungsinya masing-masing. Di samping itu, control unit juga bertugas untuk mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

3. Registers
Registers (jamak, dalam bahasa Indonesia menjadi register-register atau banyak register) merupakan media penyimpanan internal CPU yang digunakan saat pengolahan data. Registers merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara, artinya data hanya akan berada dalam registers saat data tersebut dibutuhkan selama komputer masih hidup, ketika suatu data tidak diperlukan lagi maka ia tidak berhak lagi berada di dalam registers, dan ketika komputer dimatikan maka semua data yang berada di dalamnya akan hilang.

4. CPU Interconections
CPU Interconnections merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU dengan bus-bus eksternal CPU.

a. Komponen internal CPU diantaranya:
  • Arithmetic and Logic Unit (ALU),
  • Control Unit,
  • Registers, dan
  • CPU Interconnection.
b. komponen eksternal CPU diantaranya:
  • sistem memori utama,
  • sistem masukan/keluaran (input/output),
  • dan sistem-sistem lainnya.

Perangkat keras komputer yang termasuk sebagai proses device (unit pemrosesan) antara lain:


1. Random Access Memory (RAM)
RAM pada komputer adalah singkatan dari Random Access Memory atau biasa disebut dengan istilah singkat yaitu memori. RAM komputer adalah salah satu perangkat keras pemrosesan yang memiliki berperan sebagai memori tempat penyimpanan sementara (volatile dan temporer) pada saat komputer sedang beroperasi atau aktif serta bersifat acak (random) atau disebut juga dengan memori kinerja komputer. Jika komputer dimatikan atau tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan didalam memori ini akan hilang atau terhapus secara otomatis dan permanen.


Pada saat Anda memasukkan data atau memberikan perintah pada komputer, maka Memori/RAM akan menyimpan data dan perintah tersebut untuk sementara dan kemudian akan dikirimkan ke Processor untuk diolah atau diproses sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat untuk menghasilkan keluaran berupa informasi. Selain dari itu, RAM juga memiliki berpegaruh yang sangat besar pada kecepatan komputer. Jadi, semakin besar kapasitas memori yang digunakan pada komputer, maka semakin banyak pula data maupun perintah yang dapat tersimpan.

Fungsi RAM pada komputer adalah sebagai perangkat untuk mempercepat kinerja pemrosesan informasi dari komputer, membantu menyimpan memori sementara, membantu penggunaan multitasking pada komputer, dan menentukan spesifikasi dari suatu komputer serta memiliki fungsi yang vital, untuk gaming dan design

RAM memiliki struktur yang terbagi dalam 4 bagian, yaitu sebagai berikut:

  • Input storage berfungsi untuk menyimpan input yang dimasukkan melalui input device.
  • Program storage berfungsi untuk menyimpan keseluruhan instruksi-instruksi program yang akan  digunakan untuk memproses input pada process device.
  • Working storage berfungsi untuk menyimpan data-data yang akan diproses dan hasil dari pemrosesan.
  • Output storage berfungsi untuk menyimpan semua hasil akhir dari pemrosesan data yang akan ditampilkan atau dikeluarkan ke output device.



2. VGA (Video Graphics Array/Accelerator) Card 
Kartu grafis atau VGA Card adalah kartu yang menghubungkan motherboard dengan monitor. Fungsi VGA Card adalah yang melakukan pemrosesan sehingga mengubah atau menerjemahkan sinyal digital berupa dari komputer ke monitor untuk menghasilkan output berupa visual dengan akselerasi grafis yang cepat dan tampilan yang tajam, halus dan bersih pada tampilan monitor. VGA Card sangat umum digunakan bagi pengguna yang suka bermain game atau membuat desain grafis karena dapat memaksimalkan tampilan ataupn kecepatan akselerasi video.

VGA Card ini terdiri dari rangkaian komponen-komponen elektronika, biasanya tertancap pada slot ekspansi yang terdapat pada motherboard CPU komputer. VGA Card mempunyai prossesor yang disebut dengan GPU “Graphics Processing Unit” dan juga membutuhkan memory. Beberapa VGA Card menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar.  Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.

Jika berdasarkan dari bentuknya, VGA Card komputer terbagi menjadi 2 jenis yaitu:

  • VGA card on board, yaitu VGA Card yang bisa dijumpai atau temukan di dalam rangkaian motherboard/mainboard itu sendiri karena sudah menjadi satu paket. VGA ini dapat digunakan ntuk menampilkan output pada layar monitor dengan sangat baik. Performen dari jenisVGA Card on board sebenarnya cukup maksimal jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi seperti game 3D, desain grafis, editor film dan lan-lain. 

  • VGA card add-on, yaitu VGA Card yang merupakan hardware terpisah yang dipasangkan sendiri pada slot sekspansi kartu grafis di motherboard atau biasa disebut VGA Card. Jenis ini sangat cocok jika digunakan untuk memproses grafis tingkat tinggi seperti bermain game 3D, menggambar, membuat desain grafis, dan pengeditan film. Namun tetap harus memperhatikan kemampuan atau perfomen dari kartu grafis add-on jika memang berniat untuk menggunakannya. Tetapi VGA jenis ini hanya berlaku pada PC (Personal Computer) saja karena untuk perangkat lainnya seperti laptop atau notebook tidak menyediakan slot untuk menambahkan VGA Card add-on. Terlebih lagi jika VGA Card add-on juga dapat membuat kebutuhan daya listrik pada komputer menjadi bertambah tinggi dan ini hanya bisa dipenuhi oleh PC saja.
VGA Card berdasarkan slot peripheral yang terdapat pada motherboard dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

  • VGA card ISA adalah suatu jenis dari kartu VGA (Video Graphics Accelerator), yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit.
  • VGA card EISA adalah jenis dari kartu Video Graphics Accelerator, yang dapat dipasangkan pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O.
  • VGA card PCI adalah jenis dari kartu VGA (Video Graphics Accelerator) yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit ataupun 64-bit sistem I/O.
  • VGA card AGP adalah jenis VGA card yang dapat dipasangkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit dan 256-bit sistem I/O.
  • VGA card PCI Express (PCIe) adalah jenis VGA card yang dapat dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya dengan kecepatan transfernya mencapai hingga 32 GByte/s.

3. Motherboard 
Motherboard atau sering juga di sebut sebagi mobo merupakan sebuah papan sirkuit pada komputer yang berfungsi untuk meletakkan dan menjaga koordinasi antara komponen komputer seperti processor, ram, kartu grafis, hardisk, cooling fan dan perangkat lainnya. Motherboard fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.

Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.


4. Power Supply (PSU) 
Power supplay adalah Perangkat yang menyediakan arus listrik untuk berbagai perangkat yang terhubung dengannya, power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Power supply berguna untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke seluruh komponen komputer di dalam motherboard sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya. 

Power supply (PSU) berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer. Power supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal (unit tambahan)


5. Processor
Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer yang paling utama pada komputer. Processor atau di kenal juga dengan cpu (central processing unit) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagi otak atau inti komputer untuk mengeksekusi sebuah perintah. Perintah yang di dapat di berikan oleh memori ram komputer dan processor inilah yang mengeksekusi setiap perintah. Kecepatan kinerja dari sebuah komputer akan sangat dipengaruhi oleh seberapa cepat processor yang dia miliki. Satauan dari processor di kenal dengan Hertz. Semakin tinggi kecepatan processor tentu semakin cepat kinerja sebuah komputer.

Prosesor fungsinya mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk bisa digunakan menjalankan program-program komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi Anda.... Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.


6. I/O Card
Input/Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan pc dengan hard disk serta floppy disk drive. 

4 Responses to "[Process Device] Perangkat Keras Pemrosesan Pada Komputer (Pengertian, Macam Jenis dan Fungsinya)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel