Hai, Sobat...!!!

[Input Device] Perangkat Keras Masukan Pada Komputer (Pengertian, Macam Jenis dan Fungsinya)

Perangkat keras masukan pada komputer berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Peralatan input merupakan bagian komputer yang mempunyai peranan yang sangat penting karena langsung berhubungan dengan user atau pengguna komputer.

Berikut adalah macam-macam peralatan input pada komputer dan fungsi masing-masing komponen tersebut:


1. Keyboard
Keyboard merupakan media/peralatan input pada komputer yang merupakan sarana pendukung utama untuk dapat memasukkan angka, karakter  khusus, serta sebagai sarana untuk memberikan perintah dari user (pemakai computer) melalui tombol-tombol yang ada. Selain sebagai alat untuk men-inputkan data keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus.

Tombol pada keyboard dibedakan menjadi empat bagian, yaitu typewriter key, numeric key, function key, dan special function. Umumnya port keyboard pada komputer ada 2 macam diantaranya PS2 dan USB akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel.


2. Mouse 
Mouse merupakan peralatan masukan/inputan selain keybord pada komputer. Mouse adalah alat/ perangkat yang digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat pula dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer.

Pada mouse, terdapat sensor yang berfungsi untuk menggerakkan kursor. Hasil gerakan kursor pada monitor merupakan hasil operasi sensor yang digerakkan oleh putaran bola yang terdapat pada bagian bawah mouse. Saat ini, bola pada mouse kini telah diganti dengan teknologi optik sehingga bisa menggerakkan sensor lebih akurat.


3. Touchpad/Trackpad
Touchpad juga biasa disebut TrackPad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil.

Tujuan diciptakannya touchpad adalah menyimpelkan pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan tempat yang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad, user masih dapat menggunakan komputer (laptop/notebook) dimana saja walaupun di tempat yang sempit pula. Touchpad terutama digunakan dalam laptop/notebook dan tidak memerlukan permukaan datar di dekat mesin. Touchpad ini dekat dengan keyboard, dan hanya diperlukan gerakan jari yang sangat singkat untuk memindahkan kursor di monitor, sedangkan kekurangannya, kadang ibu jari pengguna memindahkan kursor mouse tanpa sengaja saat mengetik. Fungsi touchpad tersedia untuk komputer desktop di keyboard dengan built-in touchpad.


  4. Trackball
Trackball merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya. Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.

Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop. Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna. Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan cara demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di atas badan trackball.


5. Touch Screen
Layar sentuh (bahasa Inggris touchscreen) adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

Layar sentuh banyak digunakan dalam industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi, sensivitas terhadap sentuhan, dan durabilitas yang sangat tinggi. Namun perangkat layar sentuh semakin lama semakin dapat ditemukan dalam perangkat-perangkat teknologi konsumen yang diproduksi secara massal, seperti pada komputer jinjing, pemutar musik seperti iPod Touch, dan telepon genggam seperti iPhone atau Blackberry Storm. Hal ini dimungkinkan karena perangkat layar sentuh dapat dibuat dalam berbagai ukuran tampilan.


6. Light Pen
Light Pen adalah suatu input device atau pointer elektronik yang biasanya di gunakan pada piranti layar sentuh untuk menggantikan fungsi tangan yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis di dalam komputer. Light pen merupakan inovasi terbaru dari perangkat input karena alat ini digunakan seperti layaknya Anda menulis pada sebuah kertas. Anda bisa menjumpai para desainer grafis untuk mengetahui kalau perangkat keras ini sangat berguna sekali untuk menggambar. Perangkat keras ini juga berfungsi atau pengganti dari keyboard dan mouse komputer jadi dengan menggunakan light pen, Anda dapat langsung memasukan data, baik berupa angka maupun huruf ke dalam CPU melalui layar monitor

Pada light pen terdapat sebuah kabel yang menghubungkan antara light pen dengan monitor, sehingga monitor yang digunakan bukanlah monitor yang biasa dipakai melainkan monitor khusus yang memiliki kabel penghubung dengan light pen jadi apabila pena di dikaitkan ke monitor akan membentuk goresan sesuai dengan goresan yang kita lakukan karena light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.


7. Joystick dan Games Paddle
Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer dan alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

Joystick merupakan piranti penuding tidak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbndingan K/T yang berubah-ubah.


8. Barcode Reader/Barcode Scanner
Barcode Reader atau Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Barcode Reader atau Barcode Scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka, biasanya terdapat pada kebanyakan produk-produk consumer good atau kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang. Tanpa barcode, dahulu kasir memasukkan penjualan di komputer dengan bantuan nama barang atau kode barang. Nama barang memang dirasa lebih memperkecil kemungkinan kesalahan. Namun kerugiannya, waktu entry akan sangat lama karena kasir akan mengetikkan lebih banyak karakter.


 9. Scanner
Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain atau  juga bisa disebut Scanner adalah alat elektronik yang berfungsi persis dengan mesin fotokopy. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Data yang telah diambil dengan scanner bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII (American Standard Code for Information Interchange).

Fungsi scanner adalah alat yang bisa membaca, merekam dan mengambil informasi suatu benda baik 2D atau 3D atau beberapa objek yang terdapat di atas lensa scanner ke dalam memori penyimpanan komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, maka data tersebut akan di pindahkan ke dalam komputer dengan secara keseluruhan dan menghimpunnya dengan berbentuk gambar. Kegunaannya adalah sebagai penyimpan gambar, baik itu foto, surat-surat penting seperti ijazah, atau berita dari Koran dalam bentuk file digital.


10. Webcam
Sebuah webcam atau kamera web, adalah istilah yang sering digunakan untuk setiap kamera yang menghasilkan gambar yang dapat diakses oleh dan ditampilkan pada world wide web melalui server. Pada dasarnya webcam adalah sebuah kamera yang terhubung ke komputer, baik secara langsung (colokan USB atau pun colokan COM) atau secara nirkabel, dan mengumpulkan serangkaian gambar untuk remote display di tempat lain. Webcam teknologi yang banyak digunakan oleh segala macam orang untuk segala macam alasan yang berbeda. Webcam ini ialah nama sebutan untuk kamera yang dihubungkan pada komputer agar kita bisa dilihat melalui aplikasi pemanggilan video.

Webcam ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam mengolah pesan cepat seperti chat melalui video dan bertatap muka melalui video secara langsung. dan webcam ini berfungsi sebagai alat untuk mentransfer sebuah media secara langsung. Webcam ini ditujukan pada teknologi secara umumnya , sampai kata web cam ini kadang diganti dengan kata lain yang memberikan pemandangan yang ditampilkan oleh kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan perdesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memantau keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam.


11. Microphone dan Headphone (Headset)
Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP.Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telephone seluler Fungsi utamanya adalah sebagai alat reproduksi suara, memang menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang dapat menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih. Cara kerja headset adalah mengubah arus listrik menjadi gelombang suara yang dapat di dengar di telinga kita masing-masing.

Microphone merupakan peralatan input yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam komputer berupa suara analog menjadi suara digital, baik itu untuk merekam suara ataupun bicara langsung didepan corong microphone untuk mendengarkan suara. Prinsip kerja microphone sebenarnya adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik. Dengan microphone, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating, video call, ataupun saat konferensi. Penggunaan microphone ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

0 Response to "[Input Device] Perangkat Keras Masukan Pada Komputer (Pengertian, Macam Jenis dan Fungsinya)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel