Hai, Sobat...!!!

[Tutorial] Bagaimana Cara Install SQL Server Management Studio (SSMS)?

SQL Server Management Studio adalah konsol administrasi utama untuk SQL Server. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola database, keamanan, replikasi, backup, dan banyak lagi.

Ada banyak cara untuk terhubung ke SQL Server. Metode yang Anda gunakan akan tergantung pada lingkungan Anda, dan dari mana Anda menghubungkannya. Misalnya, Anda dapat terhubung melalui aplikasi web, alat online admin, melalui utilitas baris perintah, atau melalui SQL Server Management Studio.

SQL Server Management Studio (SSMS) adalah alat grafis admin yang memungkinkan Anda untuk melakukan segala macam tugas dengan SQL Server. Anda dapat membuat dan mengelola database, membuat account pengguna, mengkonfigurasi opsi keamanan, jadwal backup teratur, dan banyak lagi.

SSMS juga menyediakan Transact-SQL, MDX, DMX, dan editor bahasa XML untuk mengedit dan debugging skrip.

Memulai dengan SQL Server Management Studio

Meskipun banyak langkah yang terlibat dalam menginstal SQL Server, namun tidak terdapat banyak langkah-langkah pada saat menginstal SQL Server Management Studio.

Dalam versi sebelumnya dari SQL Server, Anda bisa pilih SQL Server Management Studio (SSMS) sebagai pilihan dalam wizard instalasi, tapi ini tidak terjadi dengan SQL Server 2016. Jadi kita harus menginstal SSMS secara terpisah.

Berikut adalah cara untuk memulai dengan SSMS.

1. Mulai Wizard

Anda dapat menginstal SSMS dari SQL Server Installation Center yang sama yang Anda gunakan ketika menginstal SQL Server.
Jadi dari SQL Server Installation Center, Pastikan bahwa Instalasi dipilih di menu sebelah kiri, klik pilihan kedua (pilih Install SQL Server Management Tools) dan ikuti petunjuk selanjutnya.
Jika Anda tidak memiliki SQL Server Installation Center, cari paket download SQL Server dan double-klik Setup.
Anda juga dapat men-download SSMS dari situs Microsoft jika diperlukan terlebih dahulu sebelum memasangnya. Hal tersebut dapat memakan waktu beberapa menit. 

 2. Mulai Instalasi SSMS

Klik Install.
Klik Yes jika Anda mendapatkan pesan keamanan menanyakan apakah Anda ingin aplikasi untuk membuat perubahan pada PC Anda.
Wizard akan men-download dan menginstal SQL Server Management Studio. Ini bisa memakan waktu cukup lama.

3. Setup Complete

Setelah wizard telah menyelesaikan instalasi, pesan sukses ditampilkan.
Klik Close untuk keluar dari wizard.

4. Buka SSMS

Anda sekarang dapat membuka SQL Server Management Studio dengan mencari di daftar aplikasi Windows Anda.
Hal ini terletak di bawah Microsoft SQL Server 2016.
Tergantung pada sistem operasi Anda, Anda juga bisa mengetik SSMS ke Halaman Awal dan harus pop up.

5. Terhubung ke SQL Server

 SSMS akan meminta Anda untuk terhubung ke SQL Server.
Pilih jenis server, server nama, dan rincian otentikasi dan klik Connect.


The SSMS Interface (Antarmuka SSMS)

Berikut gambaran singkat dari antarmuka SQL Server Management Studio.

1. The Object Explorer (Objek Explorer)

Setelah berhasil tersambung ke server, Anda akan melihat objek-objek server ditampilkan dalam Object Explorer di sebelah kiri.

Obyek Explorer terlihat seperti pohon dari semua objek database dalam server secara keseluruhan. Hal ini dapat mencakup database SQL Server Database Engine, Analysis Services, Reporting Services, dan Integration Services.

2. Document Windows (Jendela Dokumen)

Daerah besar di sebelah kanan Object Explorer dialokasikan untuk jendela dokumen. Daerah ini dapat berisi editor query dan jendela browser. Isinya tergantung pada konteks saat ini.
Sebagai contoh, klik pada New Query pada toolbar akan menambah jendela query baru, sehingga Anda dapat memasukkan query. Membuka tabel dalam Design view akan menampilkan bidang tabel dan properti mereka. Dan mengklik View Help akan membuka jendela browser dengan SQL Server 2016 Technical Documentation dari MSDN.

3. Windows lainnya

Berbagai windows lain dan wizard yang tersedia di SSMS.
Sebagai contoh, jendela Registered Servers berisi daftar server yang sering Anda kelola.
Jendela Properties menggambarkan keadaan item dalam SQL Server Management Studio, seperti koneksi atau operator Showplan, dan informasi tentang obyek database seperti table, view, dan designer.
Banyak proprty yang read-only di jendela Properties, tetapi dapat diubah di tempat lain di Studio Manajemen.

4. Server dan Database

Anda dapat menggunakan SQL Server Management Studio untuk membuat banyak database seperti yang Anda inginkan. Anda juga dapat terhubung ke banyak database pada banyak server yang Anda inginkan. Ini semua muncul di Object Explorer.

Jadi Anda bisa menjalankan query pada lingkungan pengembangan Anda, kemudian beralih ke lingkungan pengujian atau produksi dan menjalankan query di sana. Karena itu, Anda perlu berhati-hati jika Anda tidak sengaja menjalankan script terhadap server yang salah.

Sebagian besar tugas yang dilakukan dengan SQL Server Management Studio diawali baik dari menu atas, atau dengan mengklik kanan pada ikon / objek.

2 Responses to "[Tutorial] Bagaimana Cara Install SQL Server Management Studio (SSMS)? "

  1. Punya saya kok error mulu waktu di konekan, cara ngatasinnya gimana?

    ReplyDelete
  2. terimakasih untuk tutorial penginstalan nya mudah dipahami.
    http://bit.ly/2QsGsm4

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel