Hai, Sobat...!!!

Aspek Teknis Dasar Sistem Komputer (Definisi/Pengertian Beserta Komponennya)

Aspek Teknis Dasar Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Brainware)

Sistem komputer adalah aspek-aspek dasar yang bekerja secara fungsional dalam sebuah kinerja komputer dengan menggunakan perangkat komputer sebagai alat yang membantu dalam pemrosesan data atau informasi. Perangkat-perangkat pada sistem komputer tersebut antara lain : peralatan (hardware), prosedur (software), pelaksana (brainware), dan set perintah (set intruction). Masing-masing perangkat tersebut memiliki fungsi tersendiri yang berbeda-beda. Tetapi dalam pengoperasiannya, perangkat-perangkat tersebut telah dirancang sedemikian rupa agar dapat bekerja secara sinergis dan sistematis sehingga menghasilkan sebuah kinerja komputerisasi yang baik dan optimal.

Secara umum, aspek komputerisasi terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:
  • Aspek Teknis meliputi: Hardware, Software, dan Brainware
  • Aspek non-Teknis terutama berkaitan dengan dukungan manajemen dan disiplin baru, kegagalan komputerisasi umumnya disebabkan oleh non teknis. Oleh sebab itu, apabila kita akan melakukan komputerisasi, maka sebaiknya aspek non teknis ditangani terlebih dahulu.

Menurut Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan, sistem komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek dasar yaitu: 
  • Perangkat Keras (Hardware)
  • Perangkat Lunak (Software)
  • Perangkat Intelektual Manusia (Brainware) 

Berikut merupakan penjelasan mengenai 3 Aspek Teknis pada Sistem Komputer:


Aspek Teknis Dasar Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Brainware)
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa Indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang membentuk suatu sistem komputer yang berhubungan dengan peralatan lainya sehingga memungkinkan komputer dapat melaksanakan tugasnya. Hardware memiliki sifat yaitu bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1) Input divice (Unit Masukan)
2) Process device (Unit Pemrosesan)
3) Output device (Unit keluaran)
4) Backing Storage Device (Unit Penyimpanan)
5) Periferal Device (Unit Tambahan)

Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.


Aspek Teknis Dasar Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Brainware)
Komputer tidak akan lepas dari perangkat lunak (software) karena merupakan salah satu bagian terpenting dari komputer itu sendiri. Komputer merupakan sistem elektronik yang fungsinya memanipulasi data yang cepat dan tepat serta akurat yang telah dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima atau menyimpan data input dan masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program). Agar dapat melakukan tugasnya itu maka diperlukanlah perangkat lunak (software).

Software atau perangkat lunak yaitu seluruh fasilitas dari pada sistem pengolahan data yang bukan merupakan peralatan komputer secara fisik tetapi merupakan instruksi yang harus diberikan pada alat pengolahan agar komputer dapat menjalankan pekerjaan sesuai yang dikehendaki. Fasilitas software ini terdiri dari sistem desain, program-program dan prosedur-prosedur.

Secara umum, pengertian Sofware adalah sebuah data yang diprogram dan disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik tetapi terdapat dalam komputer. Software atau perangkat lunak dapat berupa program atau menjalan suatu perintah atau intruksi yang dengan melalui software (perangkat lunak) komputer dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yangg dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Software dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ditulis atau diciptakan oleh programmer yang selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi sebuah kode yang nantinya akan dikenali oleh mesin hardware.
Secara garis besar, Software dapat dibedakan menjadi beberapa bagian antara lain sebagai berikut:
1) Sistem Operasi 
2) Bahasa pemrograman
3) Program Aplikasi
4) Program Bantu (Utility)


Aspek Teknis Dasar Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Brainware)
Pengertian brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer. Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). 

Orang yang mengoprasikan komputer sering disebut dengan user, user atau brainwere ada beberapa macam, contohnya seperti di bawah ini:
1) Progaramer
2) Administrator
3) Operator

Brainware termasuk bagian yang sangat penting dari sebuah sistem komputer. Hardware komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya software, sedangkan software dan hardware tidak akan bekerja tanpa adanya brainware. Jadi 3 (tiga) komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan satu sama lain.

Konsep antara perangkat keras/hardware perangkat lunak/softwaremanusia/brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam perangkat komputer. Lalu setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru dapat bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan maupun pekerjaannya. (Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan).

0 Response to "Aspek Teknis Dasar Sistem Komputer (Definisi/Pengertian Beserta Komponennya)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel